Nama
E-mail
Alamat
Komentar

Kode Verifikasi
                
SMPN 2 PENAJAM PASER UTARA       Alamat: Jl. Negara KM 35 Tengin Baru, Kecamatan Sepaku Kode Pos 76148
My Link
Aplikasi Dapodik
Jajak Pendapat
Bagaimana menurut Anda tentang tampilan website ini ?
Bagus
Cukup
Kurang
  Lihat
Agenda
27 October 2021
M
S
S
R
K
J
S
26
27
28
29
30
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
1
2
3
4
5
6

Kerja Sama Strategis dalam Mewujudkan Sekolah Siaga Kependudukan

Tanggal : 08/10/2021, 07:36:04, dibaca 97 kali.

SMPN 2 PPU berkerjasama dalam hal memberikan pengetahuan  tentang bahaya pernikahan anak usia dini, Seks Bebas, Narkotika, Stunting, bebas Anemia dan yang berkaitan dengan  masalah Narkoba dan Kriminalitas


Berkolaborasi dengan  Polsek Sepaku, Puskesmas Sepaku Tiga, Gerakan Pramuka Kwartir Ranting Sepaku, dan Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan KB Penajam Paser Utara (PPU) dalam hal komitmen mendukung program BKKBN dalam mengatasi fenomena Kependudukan Bonus Demografi melalui pendidikan formal agar terbentuk generasi penerus yang berkualitas.


Kolaborasi tersebut disahkan dalam penandatangaan Nota Kesepahaman (MoU) tentang Pendidikan berwawasan lingkungan. Penandatanganan MoU dilakukan oleh Bapak Supardi, S.Pd., M.M selaku Kepala Sekolah SMPN 2 PPU sebagai pihak pertama dan AKP Beny Arianto, ST, SH, MH Selaku Kepala Polsek Kecamatan Sepaku pada tanggal 09 Agustus 2021, Kakak Riski Maulana Perwira Atmaja, S. Sos selaku Ketua Kwartir Gerakan Pramuka Sepaku, Bapak Edy Suparma, A.Md. atas nama Kepala Puskesmas Sepaku pada tanggal 10 Agustus 2021. Dan, 12 Agustus 2021 bersama Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan KB PPU yaitu ibu Hj. Siti Aminah, SE, MM sebagai pihak kedua.


                                            Penandatanganan MoU dengan Kapolsek Sepaku

Adapun kerja sama ini bertujuan mensinergikan sumber daya yang dimiliki masing-masing pihak untuk mewujudkan Sekolah Siaga Kependudukan (SSK). Sekolah Siaga Kependudukan (SSK) adalah sekolah yang mengintegrasikan pendidikan kependudukan dan keluarga berencana ke dalam beberapa mata pelajaran sebagai pengayaan materi pembelajaran


Ibu Siti Aminah menuturkan tujuan dari kerjasama ini untuk memberikan literasi tentang kependudukan kepada anak semenjak dini agar timbul kesadaran akan pentingnya manfaat yang harus disiapkan dan digunakan serta permasalahan-permasalahan yang harus dihindari dari dampak kependudukan.


Dilain sisi Kepala Polres Kecamatan Sepaku menegaskan, bahwa program SSK ini wajib didukung dan diadakan oleh setiap sekolah, karena tantangan yang dihadapi saat ini semakin meningkat. Mulai dari maraknya pernikahan usia dini, pergaulan seks bebas, prostitusi, hingga kehamilan di luar nikah.


Hari ini sudah tidak asing apabila mendengar berita ada anak-anak di bawah umur terlibat dalam kasus kriminal, seperti memakai narkoba, sabu, pernikahan dini atau bahkan menjajakan  dirinya, ini kasus yang mengkhawatirkan. Mengingat siswa-siswi di sekolah merupakan generasi penerus bangsa. Makanya, program SSK bapak dan ibu guru wajib kita mendukung,” terang AKP Beny Arianto.


Dengan kerja sama ini, SMPN 2 PPU akan berperan aktif dalam mengintegrasikan pendidikan kependudukan dan Keluarga Berencana ke dalam kurkilum sekolah,” ujar Bapak Supardi S.Pd., M.M


Lebih lanjut Bapak Pardi sapaan akrabnya mengharapkan dengan adanya Sekolah Siaga Kependudukan (SSK) ini, dapat memberikan pemahaman kepada siswa tentang kependudukan. Dibantu dengan adanya dari POLSEK, Puskesmas, Gerakan Pramuka, Dinas Pemberdayaan Perempuan yang telah berkerjasama dengan sekolah, dapat memberikan keleluasaan siswa dalam pelayanan informasi dan konseling tentang perencanaan kehidupan berkeluarga dan kriminalitas bagi remaja.


Terakhir Bapak Pardi menjelaskan, Sekolah Siaga Kependudukan (SSK) adalah sekolah yang mengintegrasikan pendidikan kependudukan dan keluarga berencana ke dalam beberapa mata pelajaran sebagai pengayaan materi pembelajaran, di mana di dalamnya terdapat pojok kependudukan sebagai salah satu sumber belajar peserta didik sebagai upaya pembentukan generasi berencana, agar guru dan peserta didik dapat memahami isu kependudukan dan guru mampu mengintegrasikan isu kependudukan ke dalam pembelajaran.


“Di dalam sekolah tersebut ada pojok kependudukan, sebagai salah satu sumber belajar bagi para peserta didik dalam membentuk generasi keluarga berencana, serta dapat memahami isu kependudukan.” Pungkasnya



Share This Post To :




Kembali ke Atas


Berita Lainnya :
Komentar FB

Silahkan Isi Komentar dari tulisan berita di atas :
 
Silahkan Isi Komentar dari tulisan berita diatas
Nama
E-mail
Komentar

Kode Verifikasi
                

Komentar :


   Kembali ke Atas